Berita

Pembekalan Persiapan Kegiatan Pawiyatan Aksara Jawa, Mengenal Metode “Cara ngapak”

Rabu Legi, 9 Februari 2022 12:37 WIB 155

foto

Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Bantul mempunyai kegiatan Pawiyatan Aksara Jawa yang akan dilaksanakan bulan Maret 2022 mendatang di 6 Rintisan Desa Budaya. Kegiatan ini dalam rangka mendukung Rintisan Desa Budaya untuk dapat meningkat menjadi Desa Budaya dari aspek bahasa sastra dengan mensosialisasikan serta mengedukasi aksara jawa.

Dalam rangka mempersiapkan program tersebut, Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Bantul menyelenggarakan kegiatan berupa Traine off trainer (TOT) di Kampung Aksara Jawa Pacibita Piyungan, Rabu (9/2/2022). Kegiatan TOT dihadiri oleh anggota MGMP SMP, anggota MGMP SMA, anggota MGMP SMK, anggota komunitas Kampung Aksara Pacibita, anggota komunitas Sega Jabung serta calon moderator dari 6 sekolah di 6 Rintisan Desa Budaya.

Tujuan dari TOT ini untuk membekali para calon narasumber dan moderator agar lebih mudah dalam mensosilasisasikan aksara jawa dengan memberikan materi menggunakan metode “Cara ngapak” yang diciptakan oleh Kampung Aksara Jawa Pacibita Piyungan.

Dengan metode ini dalam mengenal aksara jawa tidak perlu menghafal 20 aksara dasar. Namun, hanya menghafal 5 aksara dasar yang selanjutnya akan di dikembangkan menjadi 20 aksara dengan logika.