Berita

Peringatan Peristiwa Sejarah Serangan Umum 1 Maret 1949 : Mendukung Hari Penegakan Kedaulatan Negara

Rabu Pahing, 2 Maret 2022 14:32 WIB 130

foto

Rabu (02/03/22), Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Bantul melaksanakan kegiatan peringatan peristiwa sejarah Serangan Umum 1 Maret 1949, bertempat di Pendopo Kalurahan Bangunharjo Kapanewon Sewon Kabupaten Bantul.

Pada kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Drs. Helmi Jamharis MM, Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Bantul, Nugroho Eko Setyanto, S.Sos, MM, Panewu Kapanewon Sewon, Hartini, SIP MM, dan juga benerapa kepala OPD di Kabupaten Bantul, instansi kementrian, komunitas dan pejabat Kalurahan Bangunharjo.

Adapaun narasumber dalam kegiatan tersebut :
1. Julianto Ibrahim SS, M. Hum memaparkan materi Perkembangan Usulan Tanggal 1 Maret Sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara
2. Muhammad Iqbal Birsyada, S. Pd memaparkan materi Sejarah Serangan Umum 1 Maret Di Kabupaten Bantul
3. Moeradji sebagai saksi sejarah Perjuangan Lvri
4. Eko Isdianto, S.Sos (Komunitas Pelestari Sejarah)

Selain diskusi tentang serangan umum 1 maret 1949, juga menyajikan hiburan dari seni tari kolaborasi dengan sastrawan dan seni musik.

Untuk seni tari diisi oleh Paguyuban Seni Tari Bantul (PSTB) berkolaborasi dengan sastrawan muda Bantul, Rizal. Seni musik diisi oleh kelompok musik Keroncong Kamajaya Bangunjiwo Kasihan Bantul.

Dengan adanya peringatan sejarah ini diharapkan nilai-nilai persatuan serta semangat perjuangan yang ada dapat dilanjutkan untuk melanjutkan kegiatan-kegiatan kita didalam mengisi kemerdekaan pada saat ini dan yang akan datang.